Cloud Ocean
Silakan Login atau Daftar

Knowledgebase

Apa itu hosting dan ada berapa jenis ?

Pengertian Hosting

Hosting biasa disebut dengan Web-Hosting, adalah perusahaan yang menyediakan layanan dan penyimpanan Web bagi perorangan atau perusahaan. Dengan kata lain Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menyimpan file-file websitenya sehingga bisa menampilkan layanan jasa atau produknya di web/situs Internet. Dan hosting ini berbeda dengan domain.

Sebuah server web hosting akan online 24 jam sehari, sehingga memungkinkan kita bisa membuka web site yang dihosting kapanpun.

Jenis-jenis Hosting

Ada tiga tipe utama dalam layanan hosting yaitu shared, dedicated dan colocation.

Shared Hosting

Layanan hosting diberikan dengan meletakkan file-file pelanggan dalam satu server bersama dengan pelanggan lainnya. Cara ini memang lebih hemat dalam investasi awal, akan tetapi menjadi masalah pada saat situs pelanggan menjadi semakin besar serta semakin banyak pengaksesannya. Apalagi bila ditambahkan dengan file besar seperti stream-video.

Colocation Hosting

Salah satu tipe utama dalam layanan hosting, yaitu meletakkan peralatan-nya sendiri satu lokasi dengan penyedia jasa hosting. Server bisa dipilih dan ditentukan sendiri, mengatur dan menginstall software-software yang diperlukan dan kemudian meletakkannya di dalam lingkungan dan fasilitas penyelenggara jasa hosting. Colocation adalah cara yang paling mendekati keadaan seolah-olah memiliki staff atau bagian yang mengelola servernya sendiri.

Dedicated Hosting

Salah satu tipe dari layanan hosting yang memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk meletakkan file-file situsnya pada sebuah server yang khusus disewakan kepada pelanggan tersebut oleh penyelenggara jasa layanan. Dengan cara ini maka pengisi data (penyewa layanan) akan mempunyai keleluasaan dalam mengembangkan muatan maupun aplikasi pada servernya dan dijamin unjuk kerjanya akan tetap baik. Mekanisme ini kemungkinan cocok untuk perusahaan kecil dan menengah yang tidak memiliki staff khusus untuk mengelola situs dan servernya, termasuk e-mail, vpn, dan lain-lainnya. Sebagai kelengkapan fasilitas bagi penggunan dedicated hosting provider, adalah diberikannya backup sumber listrik (catudaya) dan beberapa sambungan utama ke Internet



Apakah jawaban ini membantu?

Tambahkan ke Favorit Tambahkan ke Favorit

Print Artikel Ini Print Artikel Ini

Baca Juga

Powered by WHMCompleteSolution

Bahasa:

Menu

Klien Area Login

Email

Password

Ingatkan Saya

Cari


Copyright 2017 Cloud Ocean